Cara Reset keyword Untuk optimasi SEO terbaru 2017
Kata kunci adalah elemen SEO yang paling penting bagi setiap mesin pencari, karena keyword sebagai kunci yang mencocokkan kata-kata yang ditulis oleh pengunjung pada halaman pencarian.Cara riset keyword yang tepat untuk optimasi, akan membantu meningkatkan peringkat situs yang efektif dan optimal.Riset keyword merupakan langkah pertama dan paling penting untuk kesuksesan dalam SEO sebuah situs.Jika anda gagal pada langkah pertama ini, maka kedepannya akan menjadi hambatan yang besar dalam mencapai peringkat situs yang baik.Ada banyak cara riset keyword yang tepat untuk optimasi sebuah situs. Namun sebelum memilih keyword/kata kunci, perlu dilakukan analisa yang cermat.Dari sekian banyaknya volume keyword yang sama dengan situs anda, tentunya anda harus dapat menempatkan posisi tingkat persaingan yang tepat yang sesuai dengan kondisi situs anda.
Melihat perkembangan jumlah website maupun blog yang sangat pesat saat ini, menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk bisa menjadikan situs kita berada pada posisi teratas pada halaman pencarian.Apalagi dengan hanya membutuhkan waktu yang instan untuk target satu atau dua kata kunci, bisa berada pada peringkat atas, merupakan hal yang mustahil.
Misalnya, jika anda memiliki sebuah situs tentang burung, jangan mencoba untuk memilih keyword “burung”.Sebaliknya anda harus menentukan dan memilih keyword dengan beberapa kata, seperti “rahasia ternak burung”, “melatih burung kicau” atau “porsi makan burung kicau” dan lain-lain.Mendapatkan peringkat atas dengan satu atau dua kata kunci, akan sangat sulit.Tapi kalau tingkat persaingan keyword tersebut rendah, justru itu sangat baik.
Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan keyword yang
sesuai dengan isi dari situs anda.Idealnya, anda harus mengetahui dengan
baik kata kunci yang digunakan pengunjung anda pada halaman pencarian,
untuk menemukan situs anda.
Cara riset keyword yang tepat untuk optimasi, perlu mempertimbangkan tidak hanya jumlah pengunjung perbulan yang diharapkan dari pencarian, tetapi juga relevansi keyword ini untuk situs anda.
Setelah anda melakukan riset keyword dan sudah menentukan kata kunci pilihan anda, langkah selanjutnya adalah menempatkan keyword kedalam konten dengan nilai kepadatan keyword yang baik.Pada umumnya, semakin tinggi kepadatan kata kunci, semakin relevan dengan pencarian halaman situs anda.Kepadatan yang disarankan adalah 3 – 5% .
Meskipun tidak ada aturan baku tentang nilai kepadatan keyword, namun dalam menentukan nilai kepadatan yang wajar, dibawah 7% pun tidak menjadi masalah.Mencoba untuk meningkatkan kepadatan kata kunci dengan nilai yang tidak wajar, misalkan 20% tentu akan terlihat sangat tidak mungkin dan tidak etis.Konten yang nilai keyword density-nya diatas 10%, teks dalam konten/artikelnya malah tidak menarik, karena pembaca mungkin akan menemukan banyak kata/kalimat sebagai keyword yang selalu diulang berkali-kali.Tidak hanya membuat pusiong pembaca, namun resiko terburuknya adalah mendapatkan hukuman dari google atau search engine yang lain.Mereka menganggap kepadatan kata kunci yang tidak wajar ini sebagai praktek tidak etis yang mencoba memanipulasi hasil pencarian.
Dalam penempatan kata kunci, ada 2 hal yang penting untuk diperhatikan, yaitu kuantitas dan kualitas keyword.Penempatan satu atau dua kata kunci dalam paragraf pertama konten, akan sangat baik daripada menempatkan banyak kata kunci pada bagian bawah halaman.Oleh karena itu kepadatan kata kunci yang tinggi, tidak selalu baik jika cara penempatan kata kunci tidak pada tempat yang tepat dan berkualitas.
Nama blog, domain dan url situs adalah menjadi bagian dari keyword.Misalkan anda mempunyai situs tentang burung, maka akan lebih baik jika anda menggunakan kata “burung” sebagai nama situs anda.Jika anda lebih fokus pada niche tentang burung kicau, maka sebaiknya nama situs anda adalah “burungkicau.com” atau kalau memakai blog, anda pakai nama “burungkicau.blogspot.com”.Jika anda memakai topik situs sebagai nama web atau blog, anda mempunyai 1 potensi keuntungan dalam kata kunci, yaitu keyword pada URL situs.
Ketika menggunakan keyword sebagai nama situs/url situs, pemakaiannya namanya harus yang wajar.Karena terlalu banyaknya situs yang topiknya sama, hal ini tentu sulit bagi anda untuk mencari kata yang tepat untuk nama website/blog sesuai topik situs anda, karena sudah banyak yang memakainya.Pemilihan kata yang terlalu panjang sebagai nama situs, juga akan terlihat tidak baik.Jadi anda harus bisa menyesuaikan antara nama situs dan topik situs anda, agar terlihat unik dan mudah untuk dihafalkan.
Judul halaman adalah tempat yang strategis untuk menempatkan keyword.Title tag atau judul adalah kalimat yang pertama kali ditampilkan pada halaman pencarian, ketika pengunjung mengetikkan kata/kalimat pada search engine.Oleh karena itu jadikan kata kunci anda sebagai judul halaman konten anda.
c.
Keyword
Dalam
Konten/Posting
Penempatan keyword dalam konten yang paling baik adalah pada paragraf pertama halaman konten.Anda harus memaksimalkan penempatan di paragraf awal ini.Karena search engine dalam menelusuri halaman konten biasanya hanya membaca seratus kata pertama dari konten/artikel.Jika mesin pencari menemukan kepadatan keyword yang baik dan wajar di awal konten, mereka menganggap halaman ini sebagai konten yang relevan terhadap kata kunci dari pencarian pengunjung pada halaman pencarian.
d.
Keyword
Pada
Heading/Sub
Judul
Dalam menulis sebuah konten yang sesuai SEO, sangat baik memiliki banyak sub judul sebagai heading paragraf yang lainnya, karena setiap paragraf tentu mempunyai inti pembahasan yang berbeda yang tetap mewakili judul konten.Misalkan sub judul tentang definisinya, cara kerjanya, manfaatnya dan lain-lain.Penempatan keyword pada Heading/Sub judul sangat baik dalam proses optimasi kata kunci/keyword, karena sebuah artikel akan terlihat sangat bagus jika terdapat beberapa sub judul.Baik dari sudut pandang pengunjung maupun mesin pencari.
Sub judul terdiri dari H1, H2, H3, dan H4.
Tidak ada aturan dalam menggunakan jumlah kata pada sub judul, tetapi sub judul yang terlalu panjang tentu tidak baik bagi pembaca.Sub judul yang menggunakan Heading 1 (H1), biasanya ukuran font karakternya sangat besar, maka sebaiknya mempunyai 7 – 8 kata dalam judul.Kalau memungkinkan, penggunaan beberapa sub judul dalam konten akan membantu meningkatkan SEO pada konten anda.