Ini Dia yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Social Media Campaign
Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah lahir berbagai jenis strategi pemasaran yang lebih mudah dan relatif lebih murah untuk membantu mengembangkan sebuah bisnis. Adapun salah satunya yaitu dengan menjalankan social media campaign atau kampanye di berbagai platform media sosial.
Tidak bisa dipungkiri, berbagai jenis saluran media sosial seolah sudah menjadi sebagian gaya hidup manusia dan tidak bisa terlepaskan. Tak heran jika medsos memiliki ribuan bahkan jutaan pengguna di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia.
Nah, hal tersebut tentu merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Platform-platform media sosial bisa menjadi sarana terbaik untuk menyebarkan kampanye guna membangun serta meningkatkan brand awareness pada masyarakat luas.
Akan tetapi, sebelum menjalankan proses social media campaign, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Berikut beberapa hal tersebut:
Target pasar
Hal pertama yang wajib dipersiapkan sebelum menjalankan kampanye media sosial adalah penentuan target pasar yang dituju. Poin ini harus sangat diperhatikan karena media sosial memiliki pengguna yang berbeda-beda, mulai dari usia, jenis kelamin hingga kebiasan mereka selama berselancar di media sosial.
Penentuan target pasar yang akan dituju ini bisa di relevansikan dengan produk atau layanan jasa yang akan dikampanyekan. Penentuan target pasar juga bisa dijadikan acuan dalam merencanakan pemilihan media sosial yang tepat.
Pengetahuan fitur media sosial
Seperti yang kita ketahui bersama, setiap media sosial dilengkapi dengan fitur yang berbeda-beda. Mengingat akan hal tersebut, sebelum menjalankan kampanye kita wajib mengetahui tentang fitur yang dimiliki berbagai platform media sosial tersebut.
Dengan mengetahui fitur pada setiap platform media sosial, hal tersebut dapat memudahkan untuk menyesuaikannya dengan bentuk konten yang akan dibuat. Ingat, pastikan konten yang disajikan juga unik, kreatif dan inovatif agar dapat menarik perhatian para audiens.
Pilih platform yang sedang tren
Agar kampanye yang dibuat bisa menyentuh banyak pengguna, maka pastikan untuk mengikuti perkembangan zaman dan tren yang sedang digandrungi masyarakat. Ya, tidak semua platform media sosial selalu menjadi tren karena terkadang pengguna juga beralih dari satu platform ke platform lain yang dianggapnya lebih menarik serta memiliki fitur-fitur terbarukan.
Mengingat akan hal tersebut, maka pastikan melakukan kampanye di media sosial yang tepat untuk mempromosikan segala bentuk produk yang ditawarkan.
Ketahui ketersediaan media sosial di berbagai perangkat
Selain dengan mengaksesnya menggunakan mesin pencarian, berbagai platform media sosial juga biasanya hadir dalam bentuk aplikasi sehingga dapat dipasang dalam berbagai operating system gadget seperti Android dan iOS.
Pastikan untuk memilih media sosial yang sudah tersedia dan bisa terpasang di berbagai perangkat sehingga dapat memudahkan kita untuk menentukan serta menemukan target pasar yang lebih luas dengan mudah. Mengingat kedua sistem operasi pada gadget ini adalah yang paling populer, maka sebaiknya lakukan kampanye di media sosial tersebut.
Itulah dia beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika Anda akan menjalankan social media campaign. Jika Anda ingin menjalankan kampanye media sosial yang lebih efektif, maka sebaiknya menyerahkannya pada ahlinya.
Untuk urusan itu, Anda bisa mempercayakannya pada IDEOWORKS yang merupakan salah satu agency digital marketing profesional. Berkat jam terbang tinggi dari tim ahli yang dimilikinya, maka kampanye yang dilakukan akan lebih efisien sehingga akan mewujudkan impian Anda dalam mengembangkan bisnis.
