Pasar Persaingan Sempurna


Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli suatu faktor produksi, misalnya tenaga kerja atau bahan baku. Karena tidak ada pembeli atau penjual tuggal yang bisa mempengaruhi harga faktor produksi maka tiap pihak berlaku sebagai penerima harga. Sebagai contoh, jika perusahaan individu yang membeli kayu untuk konstruksi rumah membeli sejumlah bagian dari volume total kayu yang tersedia, keputusan pembeliannya tidak akan berdampak pada harga. Demikian pula, apabila setiap pemasok kayu mengendalikan hanya sebagian kecil kayu di pasar, maka tidak ada pemasok yang bisa mempengaruhi harga kayu yang di jualnya. Justru, harga kayu (dan kuantitas produksi totalnya) di tentukan oleh penawaran dan permintaan agregat atas kayu.
Pasar persaingan sempurna memiliki karakteristik khusus, di antaranya sebagai berikut. Homogenitas produk, yang dimaksud dengan produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya. Konsumen tidak membeli merek barang tapi kegunaan barang. Karena itu semua semua perusahaan dianggap mampu memproduksi barang dan jasa dengan kualitas dan karakteristik yang sama.
b.      Pengetahuan sempurna, para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk yang di jual. Dengan demikian konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang berbeda dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Dari siapapun produk dibeli, harga yang berlaku adalah sama. Demikian halnya dengan perusahaan hanya akan menghadapi satu harga yang sama dari berbagai pemilik faktor produksi.
c.       Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar, perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar. Karena secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar yang dapat dilakukan perusahaan adalah menyesuaikan jumlah output untuk mencapai harga maksimum. Bebas keluar-masuk pasar, dalam pasar persaingan sempurna faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi. Pengertian mobilitas mencakup pengertian geografis dan antar pekerja. Maksudnya, faktor produksi seperti tenaga kerja mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya atau dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, tanpa biaya. Hal tersebut menyebabkan perusahaan leluasa untuk keluar-masuk pasar. Jika perusahaan tertarik di satu industri(dalam industri masih memberikan laba), dengan segera dapat masuk. Bila tak tertarik lagi atau gagal, dengan segera dapat keluar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url